Jumat, 06 Agustus 2010

Jangan 'Banting Habis' Power Steeering

Akibat lahan parkir sempit, banyak pengendara kesulitan saat memarkir mobil. Bila ingin praktis dan cepat, kemudi diputar sampai mentok. Banting habis steer sampai mentok ke kiri maupun ke kanan.
Tapi hati-hati, khususnya bagi pengendara yg mengemudikan mobil dengan power steering. Bersabarlah sedikit. Penggunaan mobil dengan power steering sebaiknya tidak memutar kemudi sampai mentok ke sudut kiri maupun kanan. Bila terlanjur mentok, segera putar balik. Cukup putar balik sedikit saja. Yang penting tidak mentok!! Sebab saat power steering mentok, tekanan minyak power steering berada di posisi paling tinggi. Temperatur pun jadi naik. Ruangan yg panas ini kurang baik bagi komponen2 power steering yg terbuat dr karet. Seal pompa, rack and pinion, atau selang2 misalnya.
Bila terkena suhu yg tinggi terus-menerus, bahan2 dr karet tersebut akan cepat aus, keras dan tidak elastis lg. Yang lebih berbahaya lg, suhu berlebih itu bs menyebabkan seal2 jebol.
Biasanya keausan seal2 akan menyebabkan power steering bocor. Karet2 tidak menutup rapat dan oli power steering merembes keluar sistem. Berikutnya fungsi dan performa power steering akan menurun. Sangatlah menyebalkan bila sudah mengadopsi power steering, tetapi saat memutar kemudi tetap terasa berat.
So hati2 memutar kemudi power steering. Selain saat memarkir mobil, kebiasaan membanting habis putaran kemudi ini umumnya terjadi jg di saat melewati tikungan tajam dan U turn.